Tips Memilih Motor Bekas (Video)

Motor telah menjadi transportasi modern apalagi di kota besar untuk menghadapi kemacetan. Tapi membeli motor baru harganya sangat mahal. Alternatifnya adalah membeli motor bekas pakai yang umurnya sudah satu atau dua tahun. Dengan membeli motor bekas pakai yang umurnya terentang segitu biasanya akan didapat harga yang lebih murah sekitar 20 persen. Berikutnya agar tidak salah pilih ikuti tips-tips di bawah ini:

  1. Cek nomor rangka dan nomor mesin dan periksa semua kondisi fisik mulai dari body, lampu, spion, baut, dll. dan pastikan bahwa smua yang terpasang adalah parts orisinil.
  2. Buka dan ukur oli yang terdapat di dalam mesin. Pastikan ukuran oli sesuai kapasitasitasnya, karena oli yang berlebihan menyebabkan suara mesin menjadi terasa lebih halus, hal ini akan memnipulasi suara mesin yang mungkin saja pada dasarnya kasar.
  3. Cek speedometer, pastikan tidak ada kecatatan baik itu retak atau terdapat bekas cungkilan karena bongkar paksa, kemudian berapa km jarak yang telah ditempuh speda motor tersebut, Jika angka menunjukan sekitar diatas 20.000 km-an hal ini dapat dipastikan sudah banyak sekali komponen mesin yg diganti dan bisa jadi diragukan keorsinilanya.
  4. Cek kondisi Roda. Bagaimana kelurusan antara roda depan dengan roda belakang, hal ini untuk meyakinkan bahwa chasis atau rangka tidak membengkok, motor yang mengalami jatuh atau benturan keras bisa menyebabkan kebengkokan pada chasis.
  5. Nyalakan mesin. Perhatikan langsam (stasioner), jika pada putaran kurang lebih 1500 rpm bisa langsam dapat dipastikan Mesin motor dalam kondisi sehat. Dan yakinkan tidak terdapat kejanggalan suara mesin.
  6. Jalankan kendaraan tersebut, perhatikan baik-baik mulai dari kesulitan atau tidak dalam perpindahan gigi jika sulit kemungkinan kampas kopling sudah mau habis. kemudian perhatikan saat jalan, apakah terdapat bunyi mendesir atau tidak, suara mendesir kemungkinan gigi primer sudah mau habis. ketika kendaraan tersebut sudah melaju minimal sekitar 500 meter, perhatikan jangan sampai terdapat oli yang bocor lewat sela2 mesin, lakukan pengecekan fungsional kelistrikan, lampu-lampu. untuk meyakinkan kondisi chasis dan poros stang yang sebelumnya sudah diperksa, Anda dapat melakukan dengan melajukan kecepatan hingga kurang lebih 40km/jam kemudian tekan rem agak mendadak yakinkan motor tidak oleng.
  7. Dengar baik-baik suara motor saat dihidupkan atau dijalankan. Apakah sesuai dengan merk motor tidak (perhatikan video di bawah). Jika tidak sesuai, cuek saja, karena ini cuma just kidding.  Oke. Selamat memiliki motor baru .. eh bekas.

Sebagian tips diatas diambil dari dari blog http://bebibluu.blogspot.com .

Gambar diambil dari sana

Print Friendly, PDF & Email

Facebook Comments

Leave a Reply

caknov

Site Footer