(062) 999-88881212
support(-di-)m2net.asia

24 Agustus 2009

Pake Otak Loe

"Hai, kalau bangunin pake otak. sekarang jamannya pakai alarm. mikir donk." teriak ibu di sebuah kampung di daerah Makasar Jakarta Timur. rupanya si ibu marah besar kepada sekumpulan remaja yang sedang menabuh alat-alat dapur, gendang, jeriken kecil, dan kaleng roti. Bunyinya benar-benar memekakkan telinga.

Saat itu adalah bulan Ramadhan, tepatnya di hari pertama Ramadhan 1430 H atau 2009 tahun ini. Sudah jamak di negeri ini setiap ramadhan ada tradisi membangunkan warga untuk melakukan sahur pertama bulan puasa tahun ini dengan berkeliling. Daerah lain menyebut kegiatan ini sebagai patrol.

Sebenarnya kemarahan ibu itu juga aneh ketika menghubung-hubungkan dengan teknologi bernama alarm. Yang dilakukan para remaja adalah sebuah tradisi penyambutan, bukan benar-benar membangunkan. Mereka lakukan dengan riang gembira. tak peduli apakah orang-orang yang didalam rumah menjadi bangun atau malah menutup kuping akibat bunyi 'alarm' yang lebih mirip kejatuhan planet Jupiter. Juga karena tradisi maka hanya terjadi diawal, tidak setiap hari.

Tapi si ibu terus marah-marah dan kata-kata kasar "Pake otak loe!" selalu diulangnya disetiap nafas. Mendapat caci maki tiada henti, para remaja itu cuma diam, bingung karena yang bikin ribut sebenarnya bunyi-bunyian dari anak-anak SD yang tak jauh dari tempatnya. "Ga mo keganggu napa tinggal di kampung. Tinggal di kali sono. dengar bunyi air." Gerutu salah satu anak menyalahkan si ibu yang tak mau ambil resiko tinggal dikampung.  Remaja lain melempar ke anak-anak SD. "Loe tu gimana, gue suruh bangun jam 3 napa jam 12 sudah mule...."

"Kalian seh gak jalan-jalan..." Kata pak RT yang mendadak muncul tak mau kalah.

Semua saling menyalahkan. Acarapun bubar.

Facebook Comments

Leave a Reply

caknov

33 comments on “Pake Otak Loe”

  1. wahahahahaha... itu masih enak keliling kampung, lha di masjid depan itu pake speaker dengan volume full.. memekakkan telinga! dan bukan hanya di awal, tapi setiap hari!
    .-= detx´s last blog ..Kembali ke Jati Diri di Bulan Ramadhan =-.

  2. Ya itulah keceriaan romadhon, yang kadang kalau beda pensikapan yaa jadi negatif...
    .-= Big Sugeng´s last blog ..SOMBONG =-.

  3. lha wong jaman modern kok masih nutuki manci?
    lha mbok nuthuki hape wae... wahahaha
    .-= ciwir´s last blog ..Urbanisasi Ke Ubuntu =-.

  4. Indonesia dulu 95 % beragama Islam dan taat agama
    Tahun 2006 menjadi 80 % beragama Islam dan masih taat agama
    Dan Tahun 2009 mejadi 70% beraga islam dan agak taat agama
    ...................
    Kalo Umat ini slalu mlempem
    Maka semakin tahun islam di Indonesia semakin berkurang dan semakin tidak taat.
    Islam is Way of life
    Islam is Rahmatan Lil 'alamin
    Islam Isn't Teroris
    Islam Isn't Radikalis
    But
    Islam is Agama Cinta Damai
    Tapi Lebih Cinta Kemerdekaan
    Islam : I love You Full
    Bilang Mbah Surip (alm)
    .-= 49oe5´s last blog ..Markhaban Ya Ramadlan =-.

  5. wong2 "islam" iku lak ancen senengane mbrebegi tanggane sih mas... gak azan. gak ngaji. gak klothekan.. nek gak banter gak legooo... 😀
    .-= mantan kyai´s last blog ..Ramadhan dan Sang Mantan =-.

  6. bangunin pake otak piye jal carane wakakakakaka
    selamat berpuasa sadar dan tidak memang oranmg berniat baik belum tentu di anggap baik bagi orang lain
    .-= genthokelir´s last blog ..Setahun Berlalu =-.

  7. sakjane nggawe bom kae mungkinkah pertanda untuk makan sahur 😆

    pake otak dong... hahaha, puasa dan masuk surga itu kesadaran pribadi kok ngajak-ngajak orang sih.. wakaka...
    .-= suryaden´s last blog ..mantera rapal audio video convert di ubuntu jaunty jackalope =-.

  8. Sing kotekan kadang tengah wengi wis mulai...
    Malah kadang mandeg ning ngarep omah.
    Mungkin caranya yang perlu dibenahi.
    Seperti yg masang drum ning tengah ndalan karo ngacung2ke cething njaluk sumbangan masjid kae yo kadang nganggu.
    Apalagi yg door to door. Kadang omahe non muslim yo dileboni.
    .-= marsudiyanto´s last blog ..Bakrie Bakery =-.

  9. Salam hangat
    .-= Mus´s last blog ..Cinta Sejati =-.

  10. ngkok neng bratang yo ngunu iku, malah rame arek cilik...
    .-= gajah_pesing´s last blog ..Ramadhan: Menang & Kalah =-.

  11. met puasa...biar bangun sendiri sendiri...he2..rumahku pakai sepeaker..
    .-= noersam´s last blog ..Keindahan Situs Ratu Boko =-.

  12. ha.....
    bangunin pake otak sii gimana caranya????
    .-= nafisa´s last blog ..Marhaban Ya Ramadhan =-.

  13. helah!

    .....

    ....

    ....

    otak opo?
    .-= uun´s last blog ..Mengapa Tuhan merahasiakan mati =-.

  14. Jadi inget malah dengan situasi itu yang sekarang udah nggak aku temui lagi
    .-= ajengkol´s last blog ..Menjaga Hati =-.

  15. tradisi ramadhan yg menyenangkan, soalnya saya jugag suka bikin bunyi2an aneh buat bangunin orang pas sahur, dan saya juga ngerti tiap rumah ada jam dg alarm, kalo di komplek sini asik2 aja, engga ada yg marah, cobain deh skali2.. hehehee..
    .-= cantigi´s last blog ..Semangat kebersamaan =-.

  16. tradisi ramadhan yg menyenangkan, soalnya saya juga suka bikin bunyi2an aneh buat bangunin orang pas sahur, dan saya juga ngerti tiap rumah ada jam dg alarm, kalo di komplek sini asik2 aja, engga ada yg marah, cobain deh skali2.. hehehee..

  17. hahahaha.... lha wong puasa koq ya ngajak ajak to mbak mbak

    mbak... sekalian mau mohon dukungan untuk artikel saya yg terbaru, tinggalkan satu saja komentar disana.

    komentar anda sangat berarti buat saya, maturnuwun
    .-= mantan copet´s last blog ..Nothing Impossible|Mantan Copet Itu Akhirnya Jadi Seorang Pengusaha =-.

  18. Para Sahabat mari kita gunakan momentum PUASA RAMADHAN ini untuk mempersatukan RASA.. membentuk satu keluarga besar dalam persaudaraan ber dasarkan CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG.. menghampiri DIA.. menjadikan ALLAH sebagai SANG MAHA RAJA dalam diri.. menata diri.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang.. menemukan Jati Diri Manusia untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang â€Ëœtuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll
    .-= KangBoed´s last blog ..Jangan sia siakan Waktumu =-.

  19. hehehehe.. mampirrrr sambil jalan jalan
    .-= KangBoed´s last blog ..Jangan sia siakan Waktumu =-.

  20. Bagus tuh kegiatan sahur dari jam 12 kan sekalian ngoprek
    .-= nyegik´s last blog ..Bulan Puasa =-.

  21. wah...aku beruntung tinggal di pesantren...
    kan dibanguninnya pake senandung merdu _para pengurus_ dan sholawat nabi,,,nggak perlu ribut...

  22. bunyi2 gedombrangan anak2 remaja utk membangunkan saur seperti itu yang saya rindukan, mas novi. maklum, sekarang ini sudah jarang lagi terdengar. doh, kopk si ibu malah marah2 begitu, yak?
    .-= sawali tuhusetya´s last blog ..Air Kehidupan =-.

  23. Jakarta Ketinggalan jaman masih pakek panci dkk, di kampungku dah pakek Orgen jadi ibu ibu bisa goyang - goyang sambil masakah hahaha 😀
    .-= saifunalyoom´s last blog ..Upaya Ponpes Al Hikmah 2 dalam proses peningkatan mutu dan kwalitas SDM santri =-.

  24. wahh jangan caci maki begitu donk 🙂
    salam..
    .-= andif´s last blog ..Jadikanlah Membaca sebagai Hobby =-.

  25. galak bener si ibu mas...? bener kata anak2, suruh tinggal deket kali aja, kalimalang. 😀
    .-= zenteguh´s last blog ..La Tomatina =-.

  26. ha ha ha jadi teringat waktu kecil...asyik lho mbangunin orang sahur. mungkin sekarang dah lain kali ya caranya?
    .-= agussr´s last blog ..Malaysia, Sahabat atau Tukang Embat Sih? =-.

  27. Susah ya, maksud baik membangunkan orang untuk sahur, salah juga sih.. masih jam 12 udah mule.

    Mungkin kalopun mbanguninnya jam 3, tu ibu bisa maklum walaupun teknol0gi alarm sudah jamak.

    Salam kenal, yach Novi. Sudilah kiranya mampir ke blog saya
    di http://adelays.wordpress.com
    .-= adelays´s last blog ..Ada Ramadhan di Hat Yai City (à¸Â«Ãƒ Ã‚¸Ã‚²Ãƒ Ã‚¸Ã¢â‚¬Ãƒ Ã‚¹Ã†â€™Ãƒ Ã‚¸Ã‚«Ãƒ Ã‚¸Ã‚Ãƒ Ã‚¹Ã‹â€ ) =-.

  28. kalau diperkotaan kayaknya pudar walau beberapa masih njalani mbangunin orang buat sahur. kalau dipedesaan masih tetep koq ada.
    .-= rental mobil´s last blog ..Menguji mobil baru =-.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paruh Baya

Aktif di kegiatan tulis menulis dan membaca sejak kelas 1 SD kala sang Guru dengan lantang memanggil. Lantas berdiri ke depan, menghadap papan tulis hitam. Dengan tatapan kosong, keringat dingin, tangan penuh gemetar, memegang penggaris panjang, hingga mengeja satu demi satu susunan huruf. "Ini ibu budi"

Ternyata "bapak budi"
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram