(062) 999-88881212
support(-di-)m2net.asia

13 September 2009

Hati-hati Makanan Paling Haram Gentayangan Jelang Lebaran

Masih seputar haram halal, menghadapi musim lebaran yang sebentar lagi akan tiba saya akan mencoba mengkaji tentang makanan paling haram. Namun kali ini saya tak akan memakai latar bahsul masail ataupun majelis tarjih seperti di topik sebelumnya, karena terbukti telah banyak menuai protes dari banyak orang dewasa...

Sudah jamak kita alami, menjelang idul fitri suasana pasar baik tradisional maupun modern sangat padat dengan aktivitas jual beli. Sayangnya beberapa pedagang memanfaatkan moment tersebut dengan perilaku buruk, yakni menyisipkan daging babi ditengah tumpukan daging sapi. Kalaupun daging sapi atau kambing biasanya hasil gelonggongan, yakni daging hasil binatang yang dipaksa minum demi mencapai bobot yang lebih. Ada juga daging tiren. Tahukah anda daging tiren? Ialah daging hasil hewan (biasanya jenis unggas) yang mati kemarin alias bangkai. Jika sudah begitu jatuhnya haram bukan.

Tak sengaja makan memang tak akan mengubah status hukum makanan menjadi haram, artinya anda tetap bebas dosa. Tapi sifat keharaman itu yang menyebabkan tubuh akan bereaksi negatif, misal: mual, cacingan, stroke, hingga investasi kanker untuk beberapa tahun mendatang.

Jadi hati-hati memilih daging dipasar, teliti dengan cermat sebelum membeli, dari warna, aroma, kekenyalan, sampai struktur. Jangan sampai anda malah apes mendapati makanan yang paling haram sekalipun. Apakah itu? Yakni daging bangkai babi yang mati akibat digelonggong kemudian disembelih tanpa menyebut nama tuhan.

note :

Untuk memudahkan calon pembeli mengenali daging sapi glonggongan ciri-ciri di antaranya daging glonggongan memiliki tekstur yang lembek atau berair, warna daging merah pucat, dan bau daging tidak khas (anyir). Selain itu, daging glonggongan cepat membusuk karena tingkat keasaman (PH) mencapai 6,8 dan banyak mengelurkan air saat disayat.

Ciri-ciri ayam tiren adalah bekas sembelihan di leher terlihat rata, warna kulit ayam lebam kebiruan dan terlihat gumpalan darah di urat nadi.

Ciri-ciri daging babi bisa anda lihat di sana.

Kartun dari http://kaliaja.com

NB :
Update dari komentar yang masuk (warna merah adalah tambahan):
Makanan yang paling haram adalah daging bangkai babi hasil curian yang mati akibat digelonggong, kemudian disembelih tanpa menyebut nama tuhan, lantas dimakan saat puasa.

Facebook Comments

Leave a Reply

caknov

59 comments on “Hati-hati Makanan Paling Haram Gentayangan Jelang Lebaran”

  1. lebih baik memang menyembelih ayam milik sendiri, dan lebih haram jika itu milik tetangga 😀
    .-= suryaden´s last blog ..Epidemi bagi Kapitalis =-.

  2. artinya termasuk beruntung saya yg tak makan daging.
    kira-kira mungkin gak ya, kalau disetiap pasar itu ada petugas QC yg dilatih khusus dan dipercaya untuk ngurus masalah ini. Apalagi kalau pasar milik pemerintah kan biasanya ada yg berkantor di pasar. mereka saja diberdayakan untuk ikut mengawasi, dari pada urusannya sekedar narik iuran pedagang.

    1. pantas mas sampeyan kurus banget :))..

      tapi beruntung jg kq. macan, pemakan daging. larinya gesit tapi gampang ngos2an. sedang sapi, kuda, dsb, pemakan tumbuhan selalu kokoh jadi tunggangan

  3. Semoga yang jualan dosa - dosanya di ampuni.... 😀
    .-= saifuna´s last blog ..Blogshop dan Bukber dengan Konjen Amerika =-.

  4. Ternyata ketidakdoyanan pada daging sedikit menyelamatkan saya dari resiko makan makanan haram...

    Makasih peringatan dan pencerahannya.
    .-= marsudiyanto´s last blog ..Tanda2 Penunda =-.

  5. Comment saya yg sebelumnya kok nggak muncul ya?
    .-= marsudiyanto´s last blog ..Logo Baru Metamarsphose =-.

  6. Ternyata ketidakdoyanan saya pada daging telah sedikit menyelamatkan saya dari kemungkinan makan makanan haram
    Makasih peringatan sekaligus pencerahannya
    .-= marsudiyanto´s last blog ..Tanda2 Penunda =-.

  7. wakakakakakaka... semprul!
    .-= detx´s last blog ..Personal Franchise =-.

    1. menjelang lebaran memang saat penuh ujian. dan banyak yang lebih terlena dengan kemeriahan ketimbang menyepi di masjid. tapi ya sudah gpp. yg penting umat senang

  8. waspadalah....
    .-= ciwir´s last blog ..Candi Asu =-.

  9. yah, kalo ada sisa ayam goreng, pas besoknya jadi tiren juga dong. masa haram...?
    .-= wempi´s last blog ..TelkomselFlash =-.

  10. Lebih enak lagi kalau makan sayur labu siam di kasih pete *sedap*
    .-= ajengkol´s last blog ..Cinta dan SEO =-.

  11. harus extra hati2 neh.
    .-= sewa mobil´s last blog ..Rahasia mengemudi hemat =-.

  12. waduh, kl masakan...pasrah sama yg belanja dan pasrah juga sebagai seksi tukang menghabiskan makanan yg ada, je
    .-= Pradna´s last blog ..Share Printer Linux Mint Cara Gue =-.

  13. ketokane pengalaman tenan karo daging babi
    .-= gajah_pesing´s last blog ..XML =-.

  14. sepertinya memang aman menyembelih sendiri ya mas
    .-= dafhy´s last blog ..Anurag Bhateja Contest =-.

  15. lebih tenang beli ayam yang masih segar dan idup. dipotong sendiri atau minta bantaun tukang potong. dengan tetap memperhatikan ke-sah-an cara menyembelih, sehingga kita terbebas dari rasa was-was.
    .-= Pulsa Murah | Bisnis Online´s last blog ..JDesignGroup.com, For Best Design and Interior =-.

  16. Berbagai usaha memperoleh uang dengan cara-cara yang tidak baik semakin merajalela terutama saat-saat menjelang lebaran.
    Semoga kita semakin kritis dan waspada.

    Dengan mengembangkan sikap tersebut, mudah2an penjual lama kelamaan menjadi jera.
    .-= adelay´s last blog ..Travelling ke Langit. Bagaimana Mungkin? (2) =-.

  17. ojo haram thok, sing kadaluarsa pisan...
    .-= dafhy´s last blog ..Hari Kemenangan itu Akan Tiba =-.

  18. yang makan dengan ketentuan tsb akan masuk neraka mana ya
    .-= redpages´s last blog .. =-.

  19. yang saya herankan itu penjualnya, mas novi, kok ya tega2nya menjual daging semacam itu kepada konsumen. doh!
    .-= sawali tuhusetya´s last blog ..Bima Suci: Guru yang Ternistakan =-.

  20. wah orang-orang yang tidka bertanggung jawab memang sangat merugikan orang lain ya?
    memang harus hati-hati dan teliti, memang benar kalo memakannya tidak haram, karena tidak tau, tapi egeknya kan tidak baik.
    selain hati hati, kita sebelum memakannya juga biasakan membaca bacaan basmallah, biar baik. dan saya yakin allah akan menyelamatkan kita.
    Iklan Gratis
    .-= Iklan Gratis´s last blog ..DAPATKAN KURSI TOILET ( COMMODE ) DENGAN DESIGN PRAKTIS =-.

    1. semoga Allah menyelamatkan hamba yang selalu baca basmallah.

      dan untuk hamba2 khusus seperti ini biasanya Allah langsung menggiring ke makanan halal. jadi bukan menyulap yang haram langsung seketika jadi halal. sepertinya seh.. belum ada riset. sekedar percaya dengan sunatullah (hukum alam)

  21. yahhhh dikasih tau. Jadi haram deh....
    Ahhh pura-pura gak tau aja ah..
    du...dudu..dudu... (pura-pura gak tau mode on)

  22. yup hati hati itu harus, teliti sebelum membeli
    salam,
    .-= andif´s last blog ..Migrasi ke open source =-.

  23. kita memang perlu hati-hati dalam membeli makanan
    .-= annosmile´s last blog ..Senja Di Pantai Penyusuk =-.

  24. makanan yang paling haram adalah :
    Daging anak babi di luar nikah dan daging anak anjing hasil selingkuh anjing sama babi
    wkwkwkwkwkwkkwkwkwkw
    Selamat lebaran sob
    .-= websmaster.info´s last blog ..Free script PHP Melody V 1.6 =-.

  25. aku tambahin lagi nih sob 😀
    Semua yang berkaki 4 boleh di makan kecuali meja dan kursi sebab hukumnya haram.
    Semua yang berenang boleh di makan, kecuali kapal selam (lumayan haram)
    Semua yang terbang boleh di makan, kecuali kapal terbang, roket dan kawan2nya (hukumnya super haram)

    **ngakak***
    oh ya sob, masih ada sisa ketupat gak neh? 😀
    .-= edylaw´s last blog ..Heboh kemunculan Monster Montauk di Panama =-.

  26. waspadalah... waspadalah...
    sekalian ngucapin :
    Taqobballallahu minna wa minkum, Syiamana wa syiamakum,
    Jaâ€â„¢alanallahu wa iyyakum, Minal aidin wal faizin
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Mohon maaf lahir dan bathin, maapin segala salah dan khilafku selama ini yaâ€Â¦
    .-= masiqbal´s last blog ..Lebaran =-.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paruh Baya

Aktif di kegiatan tulis menulis dan membaca sejak kelas 1 SD kala sang Guru dengan lantang memanggil. Lantas berdiri ke depan, menghadap papan tulis hitam. Dengan tatapan kosong, keringat dingin, tangan penuh gemetar, memegang penggaris panjang, hingga mengeja satu demi satu susunan huruf. "Ini ibu budi"

Ternyata "bapak budi"
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram