Menanggapi komentar2 miring soal panitia E-Vote. Ijinkan saya menanggapi, semoga bisa meluruskan.
Munas 1. Vote pake WEB. tidak ada OTP. modal percoyo. yg masuk blang bleng blang bleng. pasca munas. Fitnah jd dimana2 soal itu. Yaellah.. baru aja jalan.
Munas 2. Biar ga ada fitnah maka vote pake OTP. Problemkah? ya banyak. Tapi kenapa bisa 2681 bisa milih. Artinya banyak yg berhasil. 2681 masa ga dianggap
FYI OTP munas 2 menggunakan authentikasi Google. Google yg jadi filternya sendiri. Tau kan gmn google menyikapi usernya. kadang dilolosin kadang ga. suka2. Makanya Waktu itu sering sy suruh ganti nomer.
Munas 3. Ga mau resiko spt munas 2 soal OTP. Metode baru dikerjakan. Vote menggunakan chatbot. biar ga butuh lagi OTP. Saat kirim send sudah terfilter diawal.
Tapi herannya kenapa tidak pake via chatbot (WhatsApp) saja jika via WEB susah terima OTP. Ini yg saya heran sampe sekarang. Ada Tesla kenapa milih Supra.
Fyi lagi. OTP sekarang ga pake google. krn Google sensitive dg perilaku user. Tapi ganti pake WA. WA nya unofficial. Karena itu murah. Yg Official bisa 1300 per send. Berapa butuh biaya jika harus send ke 3000 NRA. dan yang unofficial itu tergantung banyak hal terutama kondisi jaringan dan kepadatan trafik. Mitigasinya kan jg ada kalau ada trouble. Uda kami info kemana2 juga.
Kedua:
Tim IT disini baru dilibatkan 25 Januari. Tidak ada ruang utk demo, UAT, dan umumnya tahapan developing project. Modul2 yg dikerjakan banyak. Bahkan modul vote WA sendiri baru kelar kemarin sore. Jumat, 14 Februari 2025, pkl lupa. sore pokoknya. sementasra beberapa jam lagi harus vote.
Ojok dipikir aku sante pas wingi, ati iki ndredeg nang grup onok sing bengak bengok ae. bengine gak iso turu jeh. wong nonstop mlaku terus suarane.
Ketiga:
Tidak ada ruang dan Waktu tim IT untuk sosialisasi. Ini yg saya kecewakan. Alih2 buat test bersama. Tapi ya saya ndak mau prengat prengut tok. Akhirnya sy inisiasi bikin flyer2 sendiri, update2 sendiri, masak2 sendiri.. sakno rek bojoku nangdi
Keempat:
Kami paham banget kesibukan panitia. Dan user alumni bakal banyak butuh support lgsg dengan manusia terkait penerapan IT. Akhirnya kami buat Alumni Support. 2 nomer. bayangkan itu baru. beli di WTC. Dipikir gak bensin ta. Parkir pisan.
ARtinya apa, dari 2 nomer tersebut sudah banyak yg terbantukan. tanpa kami harus merepotkan panitia buat ikut respon. Info 2 Nomer support pun sudah sy share kemana2.
Jadi saya heran bila masih ada yg bingung jawabnya. Kenapa tidak copas 2 Nomer tersebut untuk buat balesan teman2nya.
Leave a Reply